Gratis Ketahui Perbedaan Antara Penduduk & Bukan Penduduk serta Pengertiannya

Berdasarkan statistik di tahun 2013 jumlah penduduk di Indonesia adalah 249,9 juta. Tentu 3 tahun setelahnya, tepatnya di tahun 2016 ini jumlah tersebut mengalami peningkatan yang signifikan sehingga mengakibatkan dampak aktual dan negatif.

Anda dan sebagian orang di luaran sana mungkin masih galau apa arti penduduk yang sebetulnya dan apa sajakah yang membedakannya dengan bukan penduduk. Berikut ini ialah penjelasan singkat yang mudah-mudahan mampu membuat Anda paham setelah membacanya.

Apa sih pengertian penduduk?

Penduduk ialah mereka (orang-orang) yang bertempat tinggal baik itu menetap atau tidak menetap (merantau) di dalam wilayah suatu negara. Keresmian mereka juga dikuatkan dengan mempunyai surat resmi untuk tinggal di kawasan tersebut.

Penduduk juga terikat oleh aneka macam aturan yang berlaku sehingga wajib mematuhinya. Selain itu, mampu dikatakan juga status penduduk mudah terlihat dari mereka yang lahir secara turun temurun di dalam suatu wilayah negara yang otomatis mereka punya surat resmi tinggal di situ.

Bukan penduduk

Pengertian bukan penduduk mampu diartikan dengan mudah dengan membalikkan penjelasan pengertian penduduk. Yaitu, orang-orang berada di dalam suatu wilayah hanya dalam waktu sementara, atau hanya singgah saja.

Contoh yang paling mudah terlihat ialah turis ajaib yang pergi berlibur ke Lombok dalam jangka waktu tertentu.

Lalu apa perbedaannya?

Seperti yang telah diuraikan di atas.
  • Penduduk terikat oleh peraturan yang ada dalam suatu negara sedangkan yang sebaliknya tidak.
  • Hukumnya wajib bagi Penduduk yang telah bekerja dan berpenghasilan untuk membayar pajak secara rutin, sedangkan Bukan Penduduk tidak.
  • Penduduk wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), sedangkan Bukan Penduduk tentu tidak perlu memiliki kartu identitas tersebut.
  • Penduduk mempunyai hak dipilih maupun memilih dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah sedangkan yang sebaliknya tidak ada hak untuk itu.

Nah, sekarang Anda sudah paham, kan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gratis Ketahui Perbedaan Antara Penduduk & Bukan Penduduk serta Pengertiannya"

Post a Comment