Gratis Mari Kenali Manfaat Kunyit Putih dan Efek Sampingnya

Ada berbagai manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Selama ini mungkin kita lebih mengenal kunyit yang berwarna kuning sebagai bumbu masakan. Kunyit putih tentunya berbeda dengan kunyit berwarna kuning yang biasa kita temui.

Tanaman ini tidak digunakan sebagai bumbu memasak. Kunyit putih yaitu sejenis umbi yang berbuah tahunan. Bentuknya rimpang lingkaran dan berwarna putih, hampir menyerupai kencur. Sama dengan saudaranya si kunyit kuning, kunyit putih juga memiliki segudang manfaat.

Salah satunya yaitu dalam menyembuhkan berbagia macam penyakit. Tetapi ternyata mengkonsumsi kunyit putih juga memiliki beberapa efek samping. Sobat penasaran? Silahkan simak artikel ini hingga tamat untuk mengenal lebih jauh mengenai kunyit putih.

Kunyit Putih Si Tanaman Herbal

Kunyit kuning seringkali digunakan dalam beberapa ramuan pengobatan. Begitu juga halnya dengan kunyit putih. Ternyata tanaman herbal yang satu ini bisa digunakan untuk mengobati maag. Gejala penyakit maag biasanya muncul alasannya yaitu referensi makan yang tidak teratur, sehingga bisa memicu naiknya asam lambung.

Tentunya maag harus segera diobati semoga tidak semakin parah. Caranya mudah, kunyit putih yang sudah dibersihkan lalu dipotong-potong. Setelah itu direbus dalam 500 cc air. Rebus hingga air tinggal separuhnya. Kemudian saring air rebusan tersebut dan tunggun hingga agak hangat. Minum ramuan tersebut selagi hangat dengan ditambahkan madu. Ramuan kunyit putih untuk maag ini diminum paling tidak 2 kali sehari dengan dosis 50 cc sekali minum.

Selain itu, ternyata tanaman herbal yang satu ini bisa digunakan untuk mencegah kanker payudara. Bagi wanita, penyakit yang satu ini merupakan momok yang sangat menakutkan. Untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara, cobalah untuk mencoba ramuan berikut ini.

Siapkan kunyit putih dan keladi putih. Setelah itu basuh bersih kedua materi tersebut dan potong-potong. Rebus dengan menggunakan 4 gelas air, lalu tunggu hingga tinggal setengahnya. Saring air rebusan dan dinginkan. Sobat bisa minum ramuan ini dengan madu alami sebagai pemanis.

Kemampuan kunyit putih dalam menyembuhkan penyakit tentunya datang dari kandungan zat-zat yang ada di dalamnya. Selayaknya tanaman herbal, kunyit putih memang memiliki rasa yang kurang enak. Tetapi khasiat yang disimpan untuk badan sangatlah kaya. Kunyit putih memiliki kandungan minyak atsiri yang juga ada pada daun kelor.

Beberapa penelitian pun telah memperlihatkan bahwa kunyit putih mengandung sejumlah zat yang bisa mengendalikan gejala kanker. Sehingga kunyit putih pun bisa menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Sehingga kunyit putih pun berkhasiat untuk menghindarkan wanita dari permasalahan yang lebih serius, menyerupai gejala kanker serviks.

Tetapi ternyata tanaman herbal yang satu ini tetap memiliki efek samping bagi tubuh. Misalnya saja, terlalu banyak mengkonsumsi kunyit putih bisa menjadikan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. Hal ini bisa menjadikan penyakit anemia. Mengkonsumsi kunyit putih juga bisa menjadikan penurunan gula darah.

Artikel lainnya: Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Kondisi menyerupai ini bisa menjadikan hypoglycemia atau kondisi badan kekurangan gula darah. Kunyit putih gotong royong juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Hanya saja jikalau sahabat memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hati dalam penggunaan tanaman yang satu ini. Karena bisa menjadikan iritasi pada kulit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gratis Mari Kenali Manfaat Kunyit Putih dan Efek Sampingnya"

Post a Comment